Visi dan Misi

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanggamus merupakan salah satu dari Satuan Kerja Perangkat Daerah pada Pemerintah Kabupaten Tanggamus, dimana tugas pokoknya adalah memberikan pelayanan Administrasi Kependudukan sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan.

 

Adapun Visi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanggamus adalah :

” Tertib Administrasi Kependudukan Dengan Pelayanan Prima Menuju Penduduk Berkualitas. ”

 

Sedangkan Misinya, yaitu :

 

  1. Mengembangkan kebijakan dan sistem serta menyelenggarakan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil untuk menghimpun data kependudukan, menerbitkan identitas dan mensyahkan perubahan status dalam rangka mewujudkan tertib administrasi kependudukan.
  2. Mengembangkan dan memadukan kebijakan pengelolaan informasi hasil pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil sehingga mampu menyediakan data dan informasi kependudukan secara lengkap, akurat dan memenuhi kepentingan publik dan pembangunan.
  3. Mengembangkan pranata hukum, kelembagaan serta peran serta masyarakat yang mendukung proses pendaftaran penduduk, pencatatan sipil dan pengelolaan informasi kependudukan guna memberikan kepastian dan perlindungan sesuia hak-hak penduduk.
  4. Merumuskan kebijakan pengembangan kependudukan yang serasi, selaras dan seimbang antara jumlah/pertumbuhan, kualitas serta persebaran dengan daya dukung alam dan daya tampung lingkungan.
  5. Menyusun perencanaan kependudukan sebagai dasar perencanaan dan perumusan pembangunan nasional dan daerah yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan penduduk.